Thursday, December 29, 2011

JENIS-JENIS POHON GAHARU DI INDONESIA

(taken from Agarwoodindonesia.com)
Menurut sudut pandang botani, pohon oudh dapat dibagi menjadi beberapa familia dan genus. Dari itu familia pohon gaharu atau oudh dibagi menjadi 3 macam familia yang pertama adalah Thymeleaceae tersebut. Familia ini memiliki beberapa genus yang pertama adalah Aetoxylon, yang kedua adalah Aquillaria, yang ketiga adalah Enklenia, keempat adalah Gonystylus, yang kelima adalah Wikstroemia (gunakan dapat ditemukan di Jawa, sekarang sudah punah karena perburuan yang berlebihan pada masa kolonial Belanda.)keenam adalah Grynops.
Yang kedua adalah familia Leguminosae hanya memiliki satu genus Dalbergia, The familia terakhir Euphorbiacae itu juga hanya memiliki satu genus yang Excoecaria.
Sekarang kita akan membahas tentang spesies, Aetoxylon hanya punya satu spesies yang mampu menghasilkan resin gaharu yang Aetoxylon Sympetalum juga dikenal sebagai bidurob kayu, laka, Buaya garu dan pelabayan. A. Sympetalum memiliki tinggi rata-rata 15 M atau 49,212 ft dengan diameter 25-27 cm. Memiliki daun telur shapped, tumbuh di hutan tanah berpasir rendah dengan curah hujan rata-rata per tahun sekitar 1400 mm / tahun.
Adapun genus Aquilaria memiliki kekayaan dan spesies terbaik yang dapat menghasilkan resin gaharu. Ini memiliki beberapa spesies yang pertama adalah Aquilaria beccariana, kedua Aquilaria microcarpa pohon ini mampu tumbuh 35 M atau 114,82 ft tinggi dan 70 cm itu diameter, Yang ketiga adalah ratu dari oudh Indonesia Aquillaria Malacenensis LAMK pohon ini dapat tumbuh sekitar 40 M atau 131,23 ft tinggi (setinggi menara ponsel!) dengan itu diameter 80 cm. Pohon ini adalah produsen terbaik resin gaharu dan minyak di Indonesia.The keempat adalah Aquilaria Fillaria hanya tumbuh rata-rata tinggi 15-18 M dan diameter batang hanya 50 cm. pohon ini adalah native ke bagian timur Indonesia seperti Maluku dan Papua. Di Papua ini panggilan pohon sebagai Umur dan di Maluku dikenal sebagai Las. Kelima adalah Aquilaria Cumingiani.


Genus ketiga adalah Gonystylus. Hal ini memiliki 2 jenis G.bancanus dan G.macrophyllus Tanaman ini merupakan satu besar. Hal ini dapat mencapai 45 M dalam tinggi dan itu diameter berkisar 30-120 cm pohon ini hidup di rawa atau lahan basah (hampir sama besar dengan meja makan.). Ini menghasilkan resin bola. Resin bola terbentuk karena infeksi melanda daerah penanaman cabang eks. Tumbuh di Sumatera dan Kalimantan (borneo)
Genus keempat adalah Enkleia. Enkleia adalah tanaman liana yang berarti merupakan tanaman pemanjat (itu naik ke batang tanaman lain atau hal lain untuk mendapatkan sinar matahari). Panjang pabrik dapat mencapai 30 M dan diameter batang hanya 10 cm. Ini memiliki batang berwarna merah dengan cabang dan juga kait yang digunakan untuk memanjat.



Genus kelima adalah WikstroemiaTanaman ini merupakan tanaman semak. Hal ini dapat mencapai 7 M di tinggi itu cabang ini hanya berdiameter 7,5 cm. Cabang mana merah atau brownnish berwarna. Di Indonesia ada 3 jenis Wikstoemia, Wisktroemia androsalmofolia Decne ditemukan di Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur dan Papua. Yang Wikstroemia kedua polyantha Merr ditemukan di seluruh Indonesia dan yang ketiga adalah Wikstroemia Miq ditemukan di Sumatera dan Kalimantan.
Genus keenam dari Thylemeceae adalah Grynops memiliki 2 jenis Grynops verstegii ditemukan di Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua spesies kedua Grynops cumingiani tanaman ini ditemukan di Sumatra.









Sekarang kita akan membahas keluarga kedua Legumiosae, Keluarga ini hanya memiliki satu genus dan satu spesies yang dapat menghasilkan resin gaharu. Dalbergia parvifolia dari genus Dalbergia ditemukan di Sumatera dan Kalimantan. Tanaman ini merupakan tanaman liana.
Keluarga terakhir adalah Euphorbiaceae. Dari keluarga ini kita menemukan satu genus Excoeccaria, satu-satunya spesies yang dapat menghasilkan resin gaharu adalah Excoeccaria Agalocha. Pohon ini hidup di kawasan mangrove. Hal ini dapat mencapai 10-20 M dan itu diameter batang dapat mencapai 40 cm.

3 comments:

  1. mohon izin admin


    Kami menawarkan Jasa Konsultasi, Kerjasama Inokulasi, jual inokulan gaharu yang sudah teruji, bekerjasama dengan para Pembuat Inokulan handal di sertai jaringan pemasaran dalam maupun luar negeri. Biji, bibit gaharu yang berkualitas tinggi terbaik di dunia, gaharu A.Subintegra langsung di Inpor dari Thailand yang terjamin keasliannya, malacensis dll. Hubungi kami 085355498758 PIN BBM 769ccc92
    kunjungi juga http://gaharu84.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Salam Gaharu! sy punya tnmn ky Gaharu di Jln.Poros Bontang-Samarinda, jml 230phn, umur 8 thn, bsr phn 15-30 cm, bagi investor yg berminat kerjasama inokulasi atau mau beli mk bisa hubungi sy Hp 081346261599

    ReplyDelete
  3. Aha anda tidak modal mencuri konten saya dari website agarwoodindonesia.com edisi lama lalu anda ambil begitu saja. Mau bisnis bukan begini caranya saya yakin anda tidak punya pasar selain bibit.

    ReplyDelete