Wednesday, December 28, 2011

Tata Cara Bertanam gaharu

(taken from gaharubudidaya.blogspot.com)

Tata Cara Bertanam gaharu




PENGENALAN DAN CARA BERTANAM GAHARU (aquilaria.sp)
Gaharu (aquilaria beccariana, malacensis, microcarpa dan sejenisnya) :
Bersihkan Lahan untuk keperluan pembuatan Lobang, untuk memudahkan penanganan sebaiknya dilakukan pengajiran/patok dengan dimensi sesuai keinginan (pengalaman 5 x 5 meter). Galilah tanah lobang Ukuran 50 x 50 x 50 Cm. Pisahkan antara tanah galian atas dan tanah galian bawah biarkan selama ± 15 hari. Siapkan pupuk kandang atau kompos yang akan menggantikan tanah bawah/dimasukkan terlebih dahulu. Kemudian ambil bibit Gaharu yang siap tanam sobek dan buang pembungkus/polybag dan tutup tanah galian seperti biasa. (bibit sebaiknya sudah ditempatkan di lokasi kebun 2 minggu sebelum ditanam dan menanam pada sore hari dimusim hujan).
Buatlah atap pelindung dari daun ilalang jika kebun monokultur/terbuka hingga tanaman berumur 18 bulan, setelah itu lahan dapat mulai dibuka. Kebutuhan pupuk relatif kecil yakni NPK 10 – 50 gr / 6 bulan. Jika tanaman sudah terjangkit mikoreza maka tidak banyak memerlukan pupuk..
Tips Pemeliharaan Yang Baik:
1. Lobang Paling bawah waktu menanam diisi pupuk kandang/kompos.
2. Awal musim hujan dan awal kemarau perlu diberi Pupuk NPK tablet 10-50 gr pohon.
3. Akhir musim hujan/awal musim kemarau tanaman perlu di-dangir / dibersihkan rumput sekitarnya untuk mencegah kebakaran.Jarak Tanam yang ideal untuk gaharu minimal 2 x 3 meter atau menyesuaikan dengan tanaman perpaduan lainnya seperti karet, pisang, pepaya dan lain-lain.

2 comments:

  1. Replies
    1. oke, makasih mbak putri atas komen nya, smoga artikel-artikel di blog ini bermanfaat buat pembaca sekalian.....

      Delete