Monday, January 2, 2012

Aquilaria Hirta, Species gaharu Terbaik ?

Asyik-asyik browsing a. hirta, saya menemukan artikel menarik dari http://gaharucandanku.blogspot.com, sebuah blog berbahasa melayu malaysia sebagai berikut :

Aquilaria hirta (Candan)

Aquilaria hirta (Candan) merupakan spesies gaharu terbaik. Ia merupakan spesies pohon / pohon gaharu yang tumbuh dikepulauan melayu khususnya Malaysia dan Indonesia. Ia menghasilkan gaharu / resin yang lebih bermutu dan jauh lebih mahal dari aquilaria malaccencis. Ini semakin sulit diperoleh karena tumbuh di tempat tempat tertentu saja dan tidak seperti aquilaria malaccencis yang tidak sesukar Candan untuk ditemukan. Ukuran batang pohon Candan adalah lebih kecil dibandingkan aquilaria malaccensis. Saya menemukan di mana-mana di jakarta untuk mencari pohon / pohon Candan ini dan setelah berbulan bulan mencarinya, Alhamdulillah akhirnya pada julai 2009 saya menemukan orang asli di Daerah Rompin, Pahang untuk untuk membantu saya mendapatkan anak pohon Candan ini. Daun pohon Candan ini adalah berbulu dibagian bawahnya dan bentuk daunnya adalah lebih lebar dibandingkan aquilaria malaccencis. Menurut sahabat saya orang asli tersebut yang lebih ramah disebut Abang Wahab, ada 3 jenis Candan yang diketahuinya yaitu Candan padi, Candan gajah dan Candan gunung. Dari segi penjagaannya anak pohon Candan adalah mudah ditanam seperti anak pohon gaharu yang lain seperti aquilaria subintegra, aquilaria crassna dan aquilaria malaccencis Pokok Candan ini cepat merespon panas cuaca sekitarnya. Berdasarkan pengalaman saya dalam menjaga anak pohon Candan ini, tanah dalam polibeg harus selalu basah dan diletakkan ditempat yang redup untuk awal sebaik diambil dari hutan untuk membantu pertumbuhannya dengan lebih baik. Penanaman anak pohon Candan sebaiknya ditanam sore untuk menghindari anak pohon Candan dari luka bakar dan sebaiknya ditanam dalam di musim hujan untuk penggemar Candan gajah yang ingin menanam tetapi tidak dapat berkonsentrasi penuh waktu terhadap pohon Candan ini lantaran kesibukan kerja. Meskipun begitu menanam pohon Candan (aquilaria hirta) ini adalah sangat berbaloi karena harga yang jauh lebih tinggi dari gaharu malaccencis karena adalah spesies terbaik gaharu. Dihikayatkan bahwa Nabi Adam Alaihissalam hanya diizinkan membawa sepotong dahan pohon gaharu dari surga ketika beliau dilemparkan ke dunia dan dahan pohon gaharu kemungkinan besarnya adalah spesies aquilaria hirta (Candan) spesies gaharu terbaik. Siapa yang berminat mendapatkan anak pohon Candan bisa hubungi saya. Harga adalah RM15.00 saja sepokok. Tinggi adalah 1.5 kaki keatas ..
Sebelumnya saya telah berurusan dengan orang asli di Kuala Lipis untuk mendapatkan Candan gunung. Masih belum rezeki saya lagi mendapat Candan gunung. Menurut sahabat orang asli saya yang lebih nyaman dipanggil Sena, untuk pergi ke tempat yang ada pohon Candan gunung itupun sungguh sulit dan payah. Menurutnya, Candan gunung hanya ada di perbatasan Jakarta, Jakarta dan Banten dan juga ada sedikit di Cameron Highland. Sena pun terkejut saat saya menanyakan pohon Candan dan meluahkan rasa hairannya macamana orang melayu seperti saya pun tahu keberadaan pohon Candan gunung. Pokok Candan gunung ini tumbuh dilereng gunung dan sangat perlu berhati hati untuk mendapatkannya. Tentang yang mengagumkan saya tentang pohon Candan gunung ini adalah saat Sena menceritakan bahwa jika ada pohon Candan gunung disekitar itu berarti pohon gaharu tidak tumbuh disekitarnya dalam jarak 15km. Berarti jika ada ditemukan pohon gaharu, pasti Candan gunung tidak ada di daerah dekat. Diceritakannya lagi tanda tanda adanya pohon Candan gunung itu adalah antaranya bisa ditemukan pohon buluh perindu di sekitarnya, berarti pasti ada binatang buas disitu dan hal ini agak menyeramkan Sena. Untuk tujuan mengambil anak pohon saja saya diberitahu Sena terpaksa bermalam dihutan selama 3 malam untuk mengambilnya dan membawa balik lantaran jauhnya tempat tumbuhnya pohon Candan gunung tersebut yang pastinya tidak penempatan orang asli dekat tempat tumbuhnya pohon Candan gunung tersebut. Memaksa persiapan yang cukup rapi dari segi mental dan fisik serta sedikit upacara spriritual harus dibuat hanya untuk mendapatkan pohon Candan gunung tersebut. Karena sulitnya untuk mendapatkan pohon Candan gunung tersebut sesuai dengan sangat mahal harganya yaitu mencapai Rp 1 juta untuk sekilogram saya berkonsentrasi untuk mendapatkan Candan gajah dahulu.


 Adakah diantara pengunjung blog ini yang punya pengalaman menanam aquilaria hirta ? bagi bagi dong......

7 comments:

  1. berapa harga buah/benih Gaharu Candan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. izin admin
      yang butuh buah gaharu candan gajah silahkan hubungi saya di 085355498758 atau blog saya http://gaharu84.blogspot.com/

      Delete
  2. Saya mempunyai stok Chandan hampir 2 tan. Tapi sampai sekarang rata rata pembeli yang datang semua terkeliru yang mana chandan dan Depu.. bagi mereka ia adalah sama... Buyer oii...nama dah berbeza chandan dan depu... itupun tak reti2.
    Bagi saya mereka cuma nak kepada kayu yang berwarna hitam macam tahi cicak utk memdapatkan keuntungan atas darat.. Kesemua mereka tak berani untuk buat test LAB kayu chandan stok saya ini. Yang mereka tau kata..kayu memang sah chandan, bau chandan tapi...uratnya bukan...tidakkah mereka itu terkeliru...."identiti krisis"..
    Lagi satu kalau kayu yang tak berbau harum mereka istilahkan DEPU.. tetapi yang Berbau itu GAHARU ..bukan DEPU.. itu punya macam... LEMBU punya susu..SAPI punya nama.... 019 9019006 Abu Bakar K.krai.. Kelantan

    ReplyDelete
  3. salam Tn A.M Khazim...
    Sy sedang mencari teras Candan Gunung. No.Tel Tn beri di atas tiada dlm perkhidmatan. Mohon tn atau sesiapa yg ada teras Candan Gunung call sy ...013-5055543 Azlan

    ReplyDelete
  4. salam Tn A.M Khazim...
    Sy sedang mencari teras Candan Gunung. No.Tel Tn beri di atas tiada dlm perkhidmatan. Mohon tn atau sesiapa yg ada teras Candan Gunung call sy ...013-5055543 Azlan

    ReplyDelete
  5. Candan gunung nak cari mna dah .....susah loo mau jumpa

    ReplyDelete